Beberapa kendala yang mungkin akan dihadapi saat mengawali perjalanan menjadi pengusaha, di antaranya:

  1. Modal: Salah satu kendala utama dalam memulai usaha adalah modal. Banyak orang ingin memulai usaha, tetapi terbatas dalam hal modal. Jika tidak memiliki modal yang cukup, maka sulit untuk membeli bahan baku, alat dan perlengkapan, atau bahkan membayar gaji karyawan.
  2. Persaingan yang ketat: Dalam bisnis, persaingan selalu ada. Banyak usaha yang sama atau serupa dengan bisnis yang ingin Anda jalankan. Oleh karena itu, penting untuk memiliki strategi bisnis yang tepat agar bisa bersaing dengan pesaing lainnya.
  3. Kurangnya pengalaman: Saat memulai bisnis baru, mungkin Anda akan mengalami kesulitan karena kurangnya pengalaman. Anda harus belajar tentang bisnis, manajemen, pemasaran, keuangan, dan banyak hal lainnya. Jangan takut untuk belajar dari orang yang lebih berpengalaman atau bahkan mempekerjakan karyawan yang ahli di bidang tertentu.
  4. Manajemen waktu yang buruk: Memulai bisnis baru dapat menjadi tugas yang sangat menuntut waktu. Anda harus mengatur waktu dengan bijak untuk bisa fokus pada bisnis Anda dan memastikan bahwa Anda mencapai tujuan Anda secara efektif.
  5. Risiko kegagalan: Saat memulai bisnis, selalu ada risiko kegagalan. Anda mungkin mengalami kerugian finansial atau bahkan kehilangan bisnis Anda. Namun, ini bukan alasan untuk menyerah, namun jangan lupa untuk selalu melakukan riset dan memperhitungkan risiko sebelum memutuskan untuk memulai bisnis.

Jangan khawatir, tim ahli kami akan mendampingi anda setiap langkahnya sampai berhasil

Ikuti Langkah-langkah sederhana ini untuk mulai mendapatkan peghasilan menjadi kawan lokal

Anda tidak harus memiliki pengalaman menjalankan bisnis tertentu untuk menjadi kawan lokal yang sukses di kawanlokal.com. Pelajari pengalaman kawan lokal yang sudah tergabung sebelumnya yang sama-sama tidak memiliki pengalaman menjalankan bisnis perjalanan atau layanan pembelian paket wisata sebelum mereka memulai di kawanlokal.com dengan menawarkan pengalaman wisata dari aktifitas kesukaan yang bisa mereka jalankan.

Jika anda sedang mempertimbangkan untuk menawarkan pengalaman wisata berdasarkan aktfitas kesukaan anda untuk tamu, dan bertanya-tanya bagaimana cara memulai bisnis melayani tamu di kawanlokal.com, anda berada di tempat yang tepat. Berikut beberapa Langkah sederhana untuk membantu anda memulai, dan mencari tahu berapa banyak uang yang bisa anda hasilkan hingga mempelajari apa saja yang harus disiapkan untuk melayani tamu.

IDE

Langkah pertama anda adalah menentukan ide pengalaman wisata apa yang ingin anda tawarkan. Hal ini bisa dimulai dengan aktifitas yang sangat anda sukai, berkaitan dengan hobi, profesi yang sedang dijalani atau keterampilan yang anda miliki.

Biasanya dimulai dengan pemikiran “Kayanya membuat paket wisata …………. Bakal laku deh”

ASUMSI

Langkah berikutnya adalah dengan membuat asumsi-asumsi yang menurut anda akan mendukung ide anda. Mulai dengan membuat 5 asumsi, Contohnya :

Si A adalah seorang pengrajin kacamata, punya ide membuat paket wisata pengalaman membuat kacamata dari bahan bambu. Asumsi yang si A buat adalah :

  • Ide ini unik karena bisa menjadi pengalaman baru untuk orang lain terutama para penyuka kacamata
  • Pasti banyak yang butuh karena banyak orang yang memakai kacamata
  • Orang berkacamata menginginkan frame nya beda dari orang lain
  • Pengalaman ini pasti laku karena saya membuatnya dari bahan alami yang tidak merusak alam
  • Dengan mengajak orang lain mengetahui proses membuatnya, produk kacamata saya pasti lebih mahal harganya

VALIDASI

Asumsi yang anda buat harus dibuktikan kebenarannya, hal itu bisa dilakukan dengan cara bertanya kepada calon pelanggan yang ingin anda sasar. Cara paling sederhana adalah dengan menanyakan secara langsung, atau anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan media sosial anda, buat polling di story, Q&A dan sebagainya. Selain itu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat kuesioner digital dan menyebarluaskannya untuk mendapat respon lebih banyak.

MEMBUAT PRODUK SEDERHANA

Setelah anda merasa asumsi (salah satu atau semuanya) yang anda buat sudah valid, Langkah selanjutnya adalah dengan membuat produk yang sederhana, dalam hal ini anda membuat kemasan paket wisata pengalaman membuat kacamata dari bambu tersebut.

Cara membuat paket wisata sederhana ini bisa anda pelajari di sini

  1. 11 langkah mudah membuat paket wisata
  2. Contoh kemasan paket wisata
  3. Format menghitung paket wisata tingkat dasar

UPLOAD KE KAWANLOKAL.COM

Setelah anda puas dengan kemasan yang anda buat, anda bisa menambahkannya ke kawanlokal.com setelah anda membuat akun mitra kawanlokal terlebih dahulu. Anda harus menunggu tim ahli kami melakukan kurasi dari pengalaman yang anda ajukan sampai memenuhi persayaratan sebagai berikut

  • Pengalaman anda mengandung keterampilan yang diajarkan kepada tamu
  • Menawarkan akses ke hal-hal yang tidak mudah ditemukan orang lain
  • Jumlah peserta maksimal 15 orang
  • Tidak menawarkan pengalaman wisata yang sudah ada di penyedia layanan lain
  • Memenuhi standard yang ditetapkan kawanlokal.com berkaitan dengan produk dan pelayanan

Tim ahli Kawanlokal.com memerlukan waktu maksimal 2×24 jam untuk memberikan balasan apakah pengajuan anda sudah lengkap atau masih ada yang harus diperbaiki sebelum muncul di halaman website. Ketika sudah disetujui, anda sudah bisa melayani tamu yang memesan produk pengalaman anda.